Janken (Rock-Paper-Scissors) Robot

Siapa yang tidak tahu dengan permainan rock-paper-scissors atau batu-gunting-kertas ? Ini adalah permainan yang biasa dimainkan untuk pemilihan acak. Beberapa permainan dan olahraga  menggunakannya untuk menentukan peserta mana yang bermain terlebih dahulu.

Image

Ishikawa Oku Laboratory dari Jepang telah membuat robot berbentuk tangan manusia yang khusus diciptakan untuk memainkan permainan Janken ini. Robot tersebut diciptakan untuk selalu memenangkan permainan janken seberapa hebat pun lawannya. Robot tersebut dijamin 100% akan selalu memenangkan permainan. Rahasianya terletak pada kamera berkecepatan tinggi yang dipakai robot tersebut. Kamera berkecepatan tinggi yang dipakai oleh robot tersebut memiliki kemampuan untuk menganalisa pergerakan tangan lawan dalam kecepatan yang jauh di atas kemampuan mata manusia. Dengan kamera tersebut akan dianalisa pergerakan tangan lawan yang dilakukan hanya dalam waktu 1 milisecond saja. Setelah berhasil menganalisa, robot tersebut akan membentuk formasi janken yang tepat untuk mengalahkan formasi janken lawan. Misalnya apabila lawan membentuk batu, maka robot tersebut akan membentuk kertas.

Teknologi ini adalah salah satu contoh yang menunjukkan kemungkinan kontrol kerjasama dalam beberapa miliseconds. Teknologi ini dapat diterapkan untuk mendukung gerak manusia dan kerja sama antara manusia dan robot tanpa penundaan waktu.

Image

Leave a comment